Ibukota

Presiden RI Joko Widodo Masyarakat Agar Aktif Lapor Potensi Maladministrasi

Jakarta, hariandialog.co.id.- Presiden Joko Widodo
(Jokowi) mengapresiasi Ombudsman Republik Indonesia yang terus
mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Jokowi juga mendorong
masyarakat lebih aktif melaporkan kritik dan potensi maladministrasi
pelayanan publik.

            “Semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk
mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Masyarakat harus lebih
aktif menyampaikan kritik masukan ataupun potensi maladministrasi dan
para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan
upaya perbaikan-perbaikan,” ujar Jokowi dalam pidatonya di Laporan
Tahunan Ombudsman secara virtual, Senin (08-02-2021).

            Dikatakan Jokowi, negara hadir jika dapat menyelenggarakan
pelayanan publik yang cepat dan berkeadilan. Untuk mewujudkan ini,
diperlukan transformasi sistem dan perubahan pola pikir budaya
birokrasi. “Kita juga punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan
birokrasi yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat
prosedural, bersifat administratif dan menjadi pelayanan publik yang
menekankan pada kecepatan, inovatif, berorientasi pada hasil,” kata
Jokowi.

            Jokowi menambahkan, diperlukan juga partisipasi publik
serta pengawasan Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik. Jokowi
juga ingin wujud pelayanan publik berubah dari yang terkesan kaku.
“Kita juga punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi
yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat prosedural,
bersifat administratif dan menjadi pelayanan publik yang menekankan
pada kecepatan, inovatif, berorientasi pada hasil,” ucap Jokowi.

           Acara ini juga sekaligus laporan dari anggota Ombudsman
periode 2016-2021 sebelum berganti keanggotaan. Anggota Ombudsman
periode 2016-2021 juga sempat bertandang ke Istana Kepresidenan untuk
menyerahkan laporan tahun 2020 kepada Jokowi.

          Dalam pertemuan ini, Jokowi menerima secara langsung
audiensi dari Wakil Ketua Ombudsman RI, Lely Pelitasari Soebekty
beserta Anggota Ombudsman RI, Adrianus E. Meliala, Ahmad Alamsyah
Saragih, Alvin Lie, Dadan S. Suharmawidjaja, dan Ninik Rahayu; dan
Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, Suganda P. Pasaribu.

          Selain menyampaikan Laporan Tahunan tahun 2020, Ombudsman
juga menyampaikan secara singkat laporan kinerja Ombudsman RI selama
periode 2016-2021 sekaligus menyampaikan bentuk-bentuk dukungan yang
diharapkan akan datang dari Pemerintah kepada Lembaga Ombudsman RI,
baik dalam bentuk anggaran maupun peningkatan kesejahteraan, serta
kelengkapan sarana prasarana. (dtc/qiqi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kirim pesan
Trimakasih Telah Mengunjungi Website Kami