Berita Daerah

Rangkaian Bali Jagaditha 2024Promosikan Perdagangan Tingkatkan Kapasitas UMKM dan Akses Pasar dari NTB dan NTT

Denpasar – hariandialog.co.id
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menggelar Promosi perdagangan Bali Jagadhita V Tahun 2024 di Living World Mall Denpasar. Kegiatan ini merupakan dari rangkaian promosi terintegrasi perdagangan,pariwisata dan investasi Bali Jagadhita V Tahun 2024 sebelumnya dibuka 10 Juni 2024 di The Meru Sanur.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali, G. A. Diah Utari yang membuka kegiatan ini mengatakan, tema diusung Bali Jagadhita 2024 ”Guna Gina Wisata Bali Hita”, bermakna Bali Jagadhita 2024 bertujuan mendorong pemberdayaan UMKM, investasi berkelanjutan, dan pariwisata berkualitas guna mendukung pertumbuhan ekonomi Bali yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif.

”Promosi perdagangan dalam rangkaian Bali Jagadhita merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas UMKM, memperluas akses pemasaran ke pasar domestik dan global, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi, serta memfasilitasi business matching dan pembiayaan dengan lembaga formal”, ujar Utari.

Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali, I Wayan Jarta, hadir juga  saat opening ceremony juga Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Dinas Perindustrian dan Perdagangan se-Kab/Kota di Bali, Ketua Paiketan Perumda Pangan Bali, Pimpinan Perbankan, Pelaku Usaha, Asosiasi, Media Cetak dan Elektronik, serta para UMKM binaan Bank Indonesia se-Balinusra.

I Wayan Jarta menyambut baik penyelenggaraan promosi perdagangan dalam Bali Jagadhita 2024. Kegiatan ini. Ia menilai event ini cerminan keseriusan berbagai pihak untuk penguatan UMKM mendorong pertumbuhan ekonomi Bali. ”Untuk memajukan perekonomian Bali berkelanjutan, terutama perdagangan dan UMKM, diharapkan ada sinergi kuat antara semua pihak terkait mendorong penguatan UMKM,” ucap Jarta pada sambutannya.

Promosi perdagangan berlangsung selama tiga hari dari 11-13 Juni 2024, dengan . beragam, diantaranya pameran UMKM, business matching, talkshow dan workshop UMKM, aneka lomba, hiburan, serta fashion show. Event tahun ini tidak hanya melibatkan pelaku usaha dari Bali, namun juga menghadirkan pelaku UMKM dari Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Salah satu rangkaian kegiatan, telah dilaksanakan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI)  dihadiri Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Ibu Sri Suswati Tito Karnavian dan Ketua Tim Penggerak PKK Bali drg. Ida Mahendra Jaya.LMSI wujud nyata sinergi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, serta Tim Penggerak PKK Provinsi Bali  unuk pemberdayaan ibu rumah tangga dan UMKM. LMSI  diikuti Tim Penggerak PKK dari 9 Kabupaten/Kota se-Bali  diharapkan mendorong kreatifitas mengolahan makanan serba ikan sekaligus upaya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat.&

Promosi perdagangan Bali Jagadhita 2024 melibatkan 54 UMKM binaan Bank Indonesia dari Bali, 5 UMKM dari Nusa Tenggara Barat, dan 5 UMKM dari Nusa Tenggara Timur. UMKM hadir berbagai sektor yaitu FnB, Kriya, Fesyen, Desainer lokal, serta kopi siap memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Selain itu Bank Indonesia berkolaborasi dengan stakeholders menghadirkan layanan publik yakni: layanan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Pemerintah Provinsi Bali, layanan administrasi hukum, kekayaan intelektual, dan imigrasi dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, iii) Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dari OJK, serta pameran promosi penerbangan dari Garuda Indonesia.Pameran dimeriahkan artis Bali Bagus Wirata, KIS Band, Leeyong Sinatra, dan artis nasional Raissa Anggiani.

Promosi perdagangan Bali Jagadhita juga dilakukan pasar murah bekerjasama dengan Paiketan Perumda Pangan Bali. Pasar murah menyediakan kebutuhan bahan pangan penyumbang inflasi bertujuan menekan kenaikan harga. ( nani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kirim pesan
Trimakasih Telah Mengunjungi Website Kami