
Denpasar-hariandialog.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat lonjakan trafik data nasional sebesar 21% sepanjang periode Idulfitri 1446 H dibandingkan hari biasa.Peningkatan ini dipicu tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama periode Ramadan dan Idulfitri.Ada lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut yakni WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram.

Tingginya kebutuhan digital pelanggan diantisipasi dengan dengan baik melalui kesiapan jaringan yang andal dan merata. Puncak kenaikan lalu lintas data selama periode Idulfitri terjadi saat arus balik 4 April 2025 lalu.
Khusus di wilayah regional Bali dan Nusa Tenggara, Indosat mencatat peningkatan trafik data tertinggi di area Sumbawa, yakni naik sebesar 76,8% sepanjang periode lebaran. Menyusul Sumbawa, berturut-turut area Flores Timur dan Lombok menjadi area dengan pertumbuhan trafik data tertinggi kedua dan ketiga di Bali dan Nusa Tenggara, dengan kenaikan masing-masing sebesar 72,2% dan 20,7% di sepanjang periode yang sama.
Indosat memastikan kualitas jaringan IOH tetap optimal ditengah meningkatnya kebutuhan komunikasi digital pelanggan seluruh Indonesia di kota besar maupun daerah tujuan mudik. Tak hanya itu, Indosat melakukan optimasi khusus di area dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer, guna memastikan konektivitas tetap stabil tanpa gangguan.
“Kami percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar.” ungkap Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison,
3000 Engineer Siaga
Indosat berkomitmen menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia diwujudkan dedikasi ribuan petugas teknis di balik layar. Ada 3.000 engineer dan petugas teknis se-Indonesia bersiaga memastikan layanan lancar tanpa gangguan, bahkan di puncak trafik sekalipun mereka bersiaga di lapangan termasuk di DIOC (Digital Intelligence Operations Center),memastikan pelanggan tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat tercinta.
“ Meski kami belum bisa berkumpul saat Lebaran, ada kebanggaan tersendiri menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan banyak orang. Semangat dari keluarga dan tanggung jawab menjaga konektivitas pelanggan membuat kami teguh menjalankan tugas pada momen penuh makna ini.” ujar Imam Susanto, petugas lapangan Indosat di jalur mudik wilayah Semarang.
Saat lonjakan trafik terjadiIndosat menambah 9.600 kapasitas sites baru serta mengoperasikan penambahan 1.500 BTS baru dan 53 Mobile BTS di berbagai titik strategis. Infrastruktur jaringan Indosat didukung INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) by Indosat, merupakan integrasi sistem jaringan operasi diperkuat teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) dan cognitive learning. ( NL )