Dialog

Perluas QRIS, Bank Indonesia dan Perbankan Gandeng 100 UMKM dan 100 Ojek Online

Denpasar-hariandialog.co.id- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali tiada henti mendorong perluasan digitalisasi sistem pembayaran di Provinsi Bali. Kali ini, dengan mengadakan program 100 UMKM QRIS Merchant Race yang berkolaborasi dengan Bank BCA dan Ojek Online QRIS Merchant Hunt berkolaborasi dengan Bank Mandiri.

Kedua program ini resmi diluncurkan di Living World Denpasar Rabu ( 19/3 ) 2025. Kick off dihadiri Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Indra Gunawan Sutarto; Kepala Kantor Fungsional Perbankan Transaksi Bali BCA, Eka Putu Ananta; Deputi Regional CEO Bali – Nusa Tenggara Bank Mandiri, Alexander J. Patty; serta General Manager Living World Denpasar, Maria Lucia. Kegiatan diikuti 100 driver ojek online, serta 100 merchant UMKM.

Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia ( BI ) Provinsi Bali, Indra Gunawan Sutarto, menjelaskan Tiga hal prinsip utama Bank Indonesia ( BI ) pengembangan digitalisasi di Bali, yaitu pertama terus mengembangkan digitalisasi melalui inovasi program dan kegiatan; kedua, berkolaborasi dengan penyedia jasa pembayaran/perbankan mengimplemantasikan QRIS tanpa pindai (QRIS TAP) guna meningkatkan kemudahan dan efisiensi transaksi; serta ketiga, senantiasa mengimbau masyarakat lebih waspada bertransaksi, mengingat tingginya aktivitas transaksi keuangan digital.

Indra menyebut,perkembangan transaksi non tunai di Provinsi Bali, khususnya QRIS, terus menunjukkan arah positif. Hingga Januari 2025, jumlah user QRIS telah mencapai 1,08 juta dengan volume transaksi 120 juta transaksi.Merchant QRIS tumbuh 15,25% (yoy) total merchant QRIS sebanyak 925.633 merchant.

“Melihat tren positif ini, Bank Indonesia terus memperluas digitalisasi sistem pembayaran melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, diantaranya berkolaborasi dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) menggandeng komunitas driver ojek online dan UMKM.

Program Ojek Online QRIS Merchant Hunt diharapkan mampu memperluas akuisisi merchant masif. Komunitas ojek online (ojol), setiap hari berinteraksi dengan pedagang/UMKM menjadi salah satu garda terdepan mengedukasi dan mengajak UMKM yang belum terdigitalisasi menjadi merchant QRIS.

“ Ojol akan mendapatkan apresiasi setiap berhasil mengakuisisi UMKM menjadi penghasilan tambahan untuk para ojol. Tidak berhenti disitu, ojol yang memiliki usaha kecil dengan kriteria tertentu juga bisa menjadi UMKM binaan BI, “ jelas Indra Gunawan

Untuk Program 100 UMKM QRIS Merchant Race dilakuksn Sriwedari Festival 19 Maret – 13 April 2025 rangkaian 2nd Anniversary Living World Mall Denpasar. Pada program ini, merchant yang berinteraksi langsung dengan konsumen diharapkan salah satu langkah edukasi langsung pada konsumen untuk menggunakan QRIS. UMKM dengan transaksi terbanyak mendapatkan apresiasi.

Bank Indonesia bersama BCA dan Bank Mandiri mengenalkan QRIS TAP sekaligus menggaungkan inovasi sistem pembayaran baru diluncurkan 14 Maret 2025 lalu. QRIS TAP berbasis Near Field Communication (NFC) memberikan alternatif cara pembayaran cepat, mudah, murah, aman, dan handal bagi masyarakat, khususnya mendukung layanan publik dan transaksi ritel secara digital.Dengan QRIS TAP, transaksi dilakukan cukup mendekatkan smartphone ke terminal pembayaran.

Bank Indonesia berkomitmen bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan memperluas akseptasi QRIS TAP, serta pengembangan inovasi sistem pembayaran berkelanjutan, sejalan arah navigasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) Tahun 2030. ( NL )

By dialog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *